Main Article Content
Abstract
Purpose: This research aims to analyze online English learning activities in the rural area of Bali through a case study of Timpag Village, Tabanan Regency, Bali.
Design/methodology/approach: A SWOT analysis was conducted to determine the strengths, weaknesses, opportunities, and threats that influence the decline in student enthusiasm related to online learning.
Findings: The results obtained are a declining trend in teaching and learning activities in Timpag Village due to less interactive learning material and the lack of interaction between parents and teachers in monitoring student learning activities at home.
Implications: The solution given is to improve coordination between parents and teachers and improve the quality of the material that will be provided.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel dalam Bali Membangun Bali, menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah lisensi Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan dan inisial karya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
References
- Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
- Candranegara, I. M. W., Sedana, I., & Swatiningsih, K. S. (2019). Pelatihan Manajemen Kelembagaan Desa Sebagai Upaya Pemberian Pelayanan Prima Kepada Masyarakat dan Pengelolaan …. Scholar.Archive.Org. https://scholar.archive.org/work/hbi23a4xpjh5zffuglw2f4rpke/access/wayback/https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/sintesa/article/viewFile/498/371
- Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
- Gunawan, I. G. D. (2020). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020 15. November, 15–30.
- Kemendikbud. (2020a). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (Covid- 1 9). 300.
- Kemendikbud. (2020b). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan, 33, 1–5. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
- Kompas.com. (2020). Update Corona di Dunia 28 Maret: 593.656 Kasus, 132.526 Sembuh, 27.215 Meninggal. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/28/083000965/update-corona-di-dunia-28-maret--593.656-kasus-132.526-sembuh-27.215?page=all
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). A framework for marketing. Sloan Management Review, 32, 94–104.
- Kurniawan, B., Purnomo, A., & . I. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i1.22236
- Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). Relationship between learner characteristics and learning performance in hybrid courses among Japanese students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2007-Janua(3), 341–349.
- Pareraway, A. S., Kojo, C., & Roring, F. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja, Pelatihan, Dan Pemberdayaan Sdm Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Pln (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1828–1837. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20665
- Sandu Siyoto, M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ&dq=metodologi+penelitian+sugiyono&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
- Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
- Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=4675.