Journal Description

Jurnal Bali Membangun Bali adalah jurnal cetak dan elektronik yang direview secara double-blind. Jurnal ini mewacanakan bidang-bidang pembangunan daerah dengan berfokus dan memiliki ruang lingkup pada pembangunan perekonomian, pertanian, dan kepariwisataan serta dinamika sosial-budaya yang menyertainya, dalam upaya meningkatkan dan memajukan kualitas kesejahteraan dan peradaban masyarakat daerah.


Semua artikel dalam Jurnal Bali Membangun Bali akan diproses oleh editor melalui open access journal pada http://ejournal.baliprov.go.id dan penulis dapat memantau seluruh proses di area anggota.  Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Bali Membangun Bali, baik dalam bentuk hard maupun soft copy, tersedia sebagai akses terbuka untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan kepustakaan. Dewan redaksi Jurnal Bali Membangun Bali tidak bertanggung jawab atas berbagai tindakan pelanggaran hak cipta ataupun pelanggaran lainnya yang dapat merugikan kredibilitas Jurnal Bali Membangun Bali ataupun masyarakat secara luas. Selengkapnya...

Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Bali Membangun Bali, Volume 1, Nomor 3, Desember 2020

Tatanan Kehidupan Era Baru dan Mulainya Demam Menulis di JBMB

 

Berhubung teka-teki pandemi Covid 19 (Corona) belum benar-benar selesai, saat ini Indonesia dan Bali sudah memasuki tahapan atau era kehidupan baru. Protokol kesehatan dilaksanakan secara ketat di antaranya dengan kebiasaan cuci tangan dan penggunaan masker serta jaga jarak dan sebagainya. Begitulah, hal-hal yang dahulu dianggap tidak normal sekarang ditata menjadi sesuatu yang normal. Roda ekonomi masyarakat harus berjalan tentu cara-cara baru. Kehidupan harus terus berjalan. The show must go on. Demikian juga kehidupan Jurnal Bali Membangun Bali, jurnal kebanggaan Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali dan masyarakat Bali ini.

Tampak bahwa JBMB yang sudah memiliki ISSN cetak dan online ini hingga edisi ketiga (Volume 1 Nomor 3, Desember 2020) semakin diminati pasar penulisnya. Ada semacam demam menulis di jurnal ini. Lebih dari 10 naskah masuk untuk enam yang lolos. Tidak mengherankan, tampilan konten kali ini dapat dikatakan pilihan dari naskah-naskah yang diterima Redaksi namun tidak berarti bahwa artikel-artikel yang tidak masuk berkualitas tidak baik. Hanya tema-tema yang dihadirkan di edisi ini sengaja dipilih yang agak beragam di mana dua di antaranya masih tentang Covid-19. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan betapa kompleksnya pembangunan dan perkembangan masyarakat Bali lebih-lebih dengan besar dan dalamnya dampak Covid-19 yang belum berakhir. Harapannya, di tengah suasana kehidupan era baru, tentu agar semua pihak, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat dapat tetap menormalkan kegiatannya serta masyarakat dan semua pihak dapat terus bekerja dengan tenang dan mampu menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungannya.

Untuk itu, edisi menjelang tahun baru 2021 dan menjelang edisi menuju Terakreditasi Sinta (Science and Technology Index) ini, artikel-artikel berikut ditampilkan. Dua yang pertama bertema Corona, yaitu "Bali in the Covid-19 Pandemic: Population and Employment Dilemmas" (I Gusti Wayan Murjana Yasa) dan "Study of Problem Identification and Solution for Handling the Housing Stimulant Grant Program in the COVID-19 Pandemic: A Case Study in Muncan Village, Bali” (Ni Luh Putu Juniartini, I Ketut Suwantara, I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan). Berikutnya adalah tentang transportasi "Kajian Permintaan Perjalanan Penumpang dalam Rangka Penyediaan Prasarana Sarana Transportasi Umum di Bali” (Putu Hermawati, I G M Oka Aryawan, I Ketut Sutapa, I Made Anom Santiana); desa wisata "Mapping the Potential and the Development of Kendran as a Tourism Village Model in Bali" (Ni Putu Nina Eka Lestari, I Nyoman Rasmen Adi, Ni Nyoman Reni Suasih, Alit Sumantri); dan pertanian "Identifikasi Potensi dan Pengembangan Sistem Pertanian Organik menuju Bali Pulau Organik" (Anak Agung Istri Kesumadewi, I Wayan Susila, Gusti Alit Gunadi, Dewa Gede Raka Sarjana, I Wayan Diara, Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya). Artikel terakhir tentang e-government, yaitu "Pengembangan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Provinsi Bali" (I Wayan Muka, Made Adi Widyatmika, I Ketut Gde Darma Putra).

Sambil berharap pandemi Covid-19 benar-benar hilang, semoga JBMB edisi ini dapat mencerahkan dan memberdayakan semua pihak.

Published: Dec 6, 2020

Bali in the Covid-19 Pandemic: Population and Employment Dilemmas

143-154 I Gusti Wayan Murjana Yasa
113

Study of Problem Identification and Solution for Handling the Housing Stimulant Grant Program in the COVID-19 Pandemic: A Case Study in Muncan Village, Bali

155-178 Ni Luh Putu Juniartini, I Ketut Suwantara; I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan
109

Kajian Permintaan Perjalanan Penumpang dalam Rangka Penyediaan Prasarana Sarana Transportasi Umum di Bali

179-192 Putu Hermawati, I G M Oka Aryawan, I Ketut Sutapa, I Made Anom Santiana
139

Mapping the Potential and the Development of Kendran as a Tourism Village Model in Bali

193-220 Ni Putu Nina Eka Lestari, I Nyoman Rasmen Adi, Ni Nyoman Reni Suasih, Alit Sumantri
117

Identifikasi Potensi dan Pengembangan Sistem Pertanian Organik menuju Bali Pulau Organik

221-252 Anak Agung Istri Kesumadewi, I Wayan Susila, Gusti Alit Gunadi, Dewa Gede Raka Sarjana, I Wayan Diara, Gusti Ngurah Alit Susanta Wirya
120

Pengembangan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Provinsi Bali

253-276 I Wayan Muka, Made Adi Widyatmika, I Ketut Gde Darma Putra
135
View All Issues