Main Article Content
Abstract
Peranan multimedia dalam pembelajaran sangatlah penting, terutama dalam mata pelajran bahasa Bali. Peserta didik SMK TI Bali Global Jimbaran dalam menyerap pelajran bahasa Bali masih sangat kurang sehingga hasil ulangan harian dan ujian akhir semester hanya masih dalam nilai KKM, yaitu dengan persentase 70% peserta didik hanya mampu mendapat hasil sesuai KKM dengan nilai 70. Media pembelajaran berbasis interaktif yang tepat akan sangat berperan dalam terciptanya tujuan pendidikan itu sendiri. Multimedia dianggap sebagai media pembelajaran yang menarik berdasarkan upaya yang menyentuh berbagai panca indra: penglihatan, pendengaran dan sentuhan. Dengan adanya aplikasi pembelajaran bahasa bali berbasis interaktif multimedia, diharapkan adanya peningkatan pemahaman siswa dan peningkatan nilai terhadapa mata pelajaran bahasa Bali.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Meliani dkk. 2013. “Sikap Generasi Muda terhadap Bahasa Bali Di Destinasi Wisata Internasional Bali”. Badung: Universitas Udayana, Bahasa dan Seni, Tahun 41, Nomor 2, Hal 159-162.
- Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
- Pujiriyanto, 2005. Desain Grafis Komputer (Teori Grafis Komputer). Yogyakarta: Andi Offset.
- Rizal, dkk. 2013. “Pengembangan Aplikasi Pencarian Lokasi Objek Wisata Terdekat di Kabupaten Garut Berbasis Android”. Garut: Sekolah Tinggi Teknologi Garut. ISSN : 2302-7339 Vol. 10 No. 1, Hal 2.