Vol. 6 No. 3 (2025): Desember 2025

					View Vol. 6 No. 3 (2025): Desember 2025

EDITORIAL

Dari Persoalan Infra- dan Suprastruktur Pembangunan Bali

ke Pemasaran Pariwisata Global

 

            Setelah sempat macet terbit beberapa bulan akibat perangkat teknologi informasi pendukung jurnal mengalami kerusakan hebat, Jurnal Bali Membangun Bali (Terakreditasi SINTA 5) akhirnya muncul lagi ke hadapan pembaca di akhir tahun 2025. Ini menunjukkan betapa krusialnya peran infrastruktur digital dalam penerbitan media berbasis open journal systems (OJS) seperti JBMB. Apalagi terbitan kali ini diisi secara luas oleh sejumlah penulis dari perguruan tinggi di luar Bali, yaitu Universitas Jember, Universitas Bengkulu, dan President University.

            Secara umum infrastruktur adalah fondasi fisik atau sistem dasar yang dibutuhkan, seperti jalan atau jembatan sedangkan suprastruktur adalah komponen non-fisik yang mengandalkan fondasi tersebut, seperti budaya, ideologi, dan aturan-aturan yang berlaku. Kebetulan atau tidak, JBMB Volume 6 Nomor 3 (Desember 2025) mempersoalkan infrastruktur (selain suprastruktur) terkait pembangunan Bali, baik dalam bidang yang terkait pariwisata atau bukan, yang sambung menyambung dengan persoalan-persoalan pariwisata, khususnya pemasaran global. Ada beberapa artikel tentang keinfrastrukturan dan kesuprastrukturan di edisi kali ini. (1) “Evaluasi Yuridis terhadap Penerapan Surat Keputusan Perumahan dan Permukiman Kumuh di Provinsi Bali Berdasarkan Permen PUPR No. 14/PRT/M/2018” oleh I Made Satya Graha dan Santi Pradayani (Universitas Jember) dan Trisna Gayatri (Universitas Bengkulu); (2) “Pertumbuhan dan Efektivitas Realisasi Anggaran Belanja pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng” oleh Ni Nengah Putri Yani, I Gusti Ayu Purnamawati, dan Gede Adi Yuniarta (Universitas Pendidikan Ganesha); (3) “Pengelolaan Sampah Upacara Keagamaan di Desa Pemecutan Kaja, Denpasar: Kajian Komposisi, Timbulan, dan Perilaku Masyarakat” oleh Putu Cintya Vidyanidhi dan Yunita Ismail (President University); (4) “Integrating Ethics to Heart: Between Bureaucratization and Democratic Accountability on Government Auditor” oleh I Gusti Ayu Purnamawati dan Komang Fridagustina Adnantara (Universitas Pendidikan Ganesha); dan (5) “Compensation Fairness and Driver Switching Intention: Evidence from KSU Sedana Murti” oleh I Wayan Julyan Satria Megano, I Gede Mudana, Ni Gst Nym Suci Murni, I Ketut Sutama, dan Gede Ginaya (Politeknik Negeri Bali).

Kemudian persoalan ke-suprastrukturan di artikel-artikel volume keenam ini dihubungkan dengan dunia bisnis pariwisata Bali lengkap dengan aspek pemasarannya. Tidak mengherankan, ada: (1) “Public Relations dan Community Engagement dalam Mempromosikan Wisata Konservasi Penyu di Serangan, Denpasar Selatan” oleh Ni Putu Devi Septiana dan Ni Kadek Winda Yanti (Universitas Pendidikan Nasional); (2) “Effectiveness of Localization and Brand Equity: The Case of Agoda in the Indonesian Domestic Travel Market” oleh Ida Bagus Putu Kawibhawa Suputra, I Made Darma Oka, Made Satria Pramanda Putra, Made Ernawati, dan Ni Made Sudarmini (Politeknik Negeri Bali); dan (3) “Komunikasi Pariwisata dalam Mendorong Keberlanjutan Destinasi Wisata: Kajian Literatur Teoretis” oleh Ni Luh Putu Widya Astuti dan Ni Made Prasiwi Bestari (Universitas Pendidikan Nasional).

Di tengah seringnya terjadi permasalahan sistem dalam proses penerbitan, JBMB terus melaju seiring terus berjalannya waktu. Ia bahkan terus melaju pada saatnya untuk pemerolehan peringkat SINTA yang lebih tinggi. Untuk itu, mari berhenti, jenak sebentar, merayakan pergantian waktu sambil berefleksi dan berkontemplasi untuk pencapaian harapan yang lebih baik setelahnya. Selamat berakhir tahun 2025: selamat memulai 2026 yang lebih baik

Published: 2025-12-18

Articles