Main Article Content

Abstract

Tujuan: Penelitian yang dilakukan bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Bali ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan jeruk keprok Tejakula dan sebarannya berdasarkan analisis kesesuaian lahan aktual dan potensial serta arahan pengelolaan lahan, dalam rangka pengembangan jeruk keprok Tejakula.


Metode penelitian: Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng mulai Mei 2023 sampai November 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan wawancara. Metode klasifikasi kesesuain lahan ditetapkan dengan cara mencocokkan (matching) data karakteristik/kualitas lahan dengan kriteria syarat tumbuh berdasarkan pedoman Ritung et al. Penilaian kesesuaian lahan dilakukan sampai pada tingkat unit.


Hasil dan pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kesesuaian lahan aktual untuk tanaman jeruk keprok Tejakula tergolong S3 (sesuai marginal) sampai N (tidak sesuai) dengan factor pembatas curah hujan, tekstur, bahan kasar, KTK, N-total, P-tersedia, lereng dan bahaya erosi. Faktor pembatas setelah diperbaiki maka didapatkan kesesuaian lahan potensial tergolong S1 (sangat sesuai) sampai S2 (cukup sesuai) dengan faktor pembatas tekstur tanah.


Implikasi: Perbaikan kesesuaian lahan potensial dapat dilakukan dengan upaya perbaikan struktur tanah dengan penambahan pupuk organik. Arahan penggunaan lahan pada lokasi penelitian dengan mengatur waktu tanam, penambahan pupuk organik, pupuk Urea, Pupuk TSP/SP36 dan menerapkan teknik konservasi yaitu dengan terasering dan tanaman penguat teras.

Keywords

potensi jeruk kesesuaian lahan arahan pengelolaan Tanaman Jeruk Keprok Tejakula

Article Details

How to Cite
Trigunasih, N. M., Rai, I. N., Wijaya, I. N., Wijana, G., Wirya, G. N. A. S., Widhianthini, W., Yudha, I. K. W., Utama, I. W. E. K., & Wiraatmaja, W. (2024). Jeruk Keprok Tejakula: Potensi Pengembangan Berdasarkan Analisis Kesesuaian Lahan di Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. Jurnal Bali Membangun Bali, 5(1), 1-18. Retrieved from https://ejournal.baliprov.go.id/index.php/jbmb/article/view/328

References

  1. Al Mana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers’ Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications, 82(9).
  2. Aprianingsih, A., Setiawan, M., Affandy, F. B., Immanuel, B. C., & Fachira, I. (2020). Factors Affecting Celebrity Endorsement on Purchase Intention Through Instagram Fashion Online Shop: An Indonesian Perspective. International Journal of Marketing, Communication and New Media, 8(15).
  3. Carneiro, H. A., & Mylonakis, E. (2009). Google trends: a web-based tool for real-time surveillance of disease outbreaks. Clinical Infectious Diseases, 49(10), 1557–1564.
  4. Fitriani, N. (2018). Pengembangan Pantai Melasti sebagai Surga Tersembunyi di Bali. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.
  5. Juniasih, I. A. K., Gumi, W. S., & Yanthi, N. M. D. (2020). Potensi Pengembangan Pantai Melasti sebagai Daya Tarik Wisata di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Prosiding, 2, 204–217.
  6. Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143.
  7. Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2019). Pengaruh Online Reviews terhadap Online Hotel Booking Intentions, Studi Kasus pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 194–207.
  8. Mavragani, A., Ochoa, G., & Tsagarakis, K. P. (2018). Assessing the methods, tools, and statistical approaches in Google Trends research: systematic review. Journal of Medical Internet Research, 20(11), e9366.
  9. Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430–436.
  10. Pemasaran. (2015). Positioning Eco-Tourism Objects for Improving Image of Bali Indonesia as An International Tourist Destination. Journal of Business on Hospitality and Tourism. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.17
  11. Putra, A. Y., & Suyuthie, H. (2022). Persepsi Pengunjung tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Pantai Sako di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
  12. Sulistyafani, A., & Sastrawan, I. G. A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 96–104.
  13. Trimurti, C. P., & Utama, I. G. B. R. (2020). The examination bali destination marketing chain model based on tourist motivation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
  14. Utama, I. G. B. R. (2016). Daya tarik wisata kota Denpasar Bali. Daya Tarik Wisata Kota Denpasar Bali, September 2015.
  15. Violinaa, S., & Suryawana, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata ISSN, 2338, 8811.
  16. Wedayani, N. M. (2018). Studi pengelolaan sampah plastik di pantai kuta sebagai bahan bakar minyak. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 15(2), 122–126.
  17. Zhao, F., Zhou, J., Nie, C., Huang, H., & Jin, H. (2015). SmartCrawler: a two-stage crawler for efficiently harvesting deep-web interfaces. IEEE Transactions on Services Computing, 9(4), 608–620.