Main Article Content
Abstract
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis popularitas empat destinasi wisata pulau di dunia yaitu Phuket, Bali, Hawaii, dan Langkawi.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik deskriptif dengan bantuan Google Trends untuk menentukan popularitas empat destinasi pulau tersebut.
Hasil dan pembahasan: Analisis menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2000 hingga akhir tahun 2021, destinasi Phuket sangat populer bagi wisatawan yang berasal dari Thailand sendiri, Russia, Turkey, Hong Kong, dan Singapore. Bali sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia sendiri, Netherlands, India, Australia, dan Belgium. Hawaii sangat populer di kalangan wisatawan dari United States sendiri, Japan, Canada, Brazil, dan South Korea. Langkawi sangat populer di kalangan wisatawan yang berasal dari Malaysia sendiri, Singapore, Pakistan, Hong Kong, dan Egypt.
Implikasi: Destinasi wisata yang paling populer adalah Hawaii, kemudian Bali, lalu Phuket, dan yang terakhir adalah Langkawi. Bali menduduki posisi kedua atau setelah Hawaii.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
- Al Mana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The impact of electronic word of mouth on consumers’ purchasing decisions. International Journal of Computer Applications, 82(9).
- Aprianingsih, A., Setiawan, M., Affandy, F. B., Immanuel, B. C., & Fachira, I. (2020). Factors Affecting Celebrity Endorsement on Purchase Intention Through Instagram Fashion Online Shop: An Indonesian Perspective. International Journal of Marketing, Communication and New Media, 8(15).
- Carneiro, H. A., & Mylonakis, E. (2009). Google trends: a web-based tool for real-time surveillance of disease outbreaks. Clinical Infectious Diseases, 49(10), 1557–1564.
- Fitriani, N. (2018). PENGEMBANGAN PANTAI MELASTI SEBAGAI SURGA TERSEMBUNYI DI BALI. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.
- Juniasih, I. A. K., Gumi, W. S., & Yanthi, N. M. D. (2020). Potensi Pengembangan Pantai Melasti Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Prosiding, 2, 204–217.
- Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143.
- Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2019). Pengaruh Online Reviews terhadap Online Hotel Booking Intentions, Study Kasus pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 194–207.
- Mavragani, A., Ochoa, G., & Tsagarakis, K. P. (2018). Assessing the methods, tools, and statistical approaches in Google Trends research: systematic review. Journal of Medical Internet Research, 20(11), e9366.
- Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430–436.
- Pemasaran. (2015). Positioning Eco-Tourism Objects for Improving Image of Bali Indonesia as An International Tourist Destination. Journal of Business on Hospitality and Tourism. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.17
- Putra, A. Y., & Suyuthie, H. (2022). Persepsi Pengunjung tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Pantai Sako di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
- Sulistyafani, A., & Sastrawan, I. G. A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 96–104.
- Trimurti, C. P., & Utama, I. G. B. R. (2020). The examination bali destination marketing chain model based on tourist motivation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
- Utama, I. G. B. R. (2016). Daya tarik wisata kota Denpasar Bali. Daya Tarik Wisata Kota Denpasar Bali, September 2015.
- Violinaa, S., & Suryawana, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata ISSN, 2338, 8811.
- Wedayani, N. M. (2018). Studi pengelolaan sampah plastik di pantai kuta sebagai bahan bakar minyak. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 15(2), 122–126.
- Zhao, F., Zhou, J., Nie, C., Huang, H., & Jin, H. (2015). SmartCrawler: a two-stage crawler for efficiently harvesting deep-web interfaces. IEEE Transactions on Services Computing, 9(4), 608–620.