Main Article Content

Abstract

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis popularitas empat destinasi wisata pulau di dunia yaitu Phuket, Bali, Hawaii, dan Langkawi.


Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan alat analisis statistik deskriptif dengan bantuan Google Trends untuk menentukan popularitas empat destinasi pulau tersebut.


Hasil dan pembahasan: Analisis menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2000 hingga akhir tahun 2021, destinasi Phuket sangat populer bagi wisatawan yang berasal dari Thailand sendiri, Russia, Turkey, Hong Kong, dan Singapore. Bali sangat populer di kalangan wisatawan Indonesia sendiri, Netherlands, India, Australia, dan Belgium. Hawaii sangat populer di kalangan wisatawan dari United States sendiri, Japan, Canada, Brazil, dan South Korea. Langkawi sangat populer di kalangan wisatawan yang berasal dari Malaysia sendiri, Singapore, Pakistan, Hong Kong, dan Egypt.


Implikasi: Destinasi wisata yang paling populer adalah Hawaii, kemudian Bali, lalu Phuket, dan yang terakhir adalah Langkawi. Bali menduduki posisi kedua atau setelah Hawaii.

Keywords

Google Trends, Phuket, Bali, Hawaii, Langkawi

Article Details

Author Biographies

I Gusti Bagus Rai Utama

He is an Associate Professor of Tourism in the Faculty of Economics, Business, and Humanity,  Dhyana Pura University, Bali, Indonesia. He completed his Doctorate Degree in Tourism Studies and Master’s degree of Agribusiness from Udayana University, and Master of Arts in Leisure and Tourism Studies from CHN Professional University, Leeuwarden, Netherlands (now NHL Stenden), and Bachelor of Arts in Development Economic from Mahasaraswati University, Bali. His research focuses on Economic Tourism, Agritourism, Destination Management, and Senior Tourism.

I Wayan Ruspendi Junaedi, Universitas Dhyana Pura, Bali, Indonesia

Universitas Dhyana Pura, Bali, Indonesia

PA Andiena Nindya Putri, ITB Stikom Bali, Bali, Indonesia

ITB Stikom Bali, Bali, Indonesia

I Made Sumartana, Universitas Ngurah Rai, Bali, Indonesia

Universitas Ngurah Rai, Bali, Indonesia

How to Cite
Utama, I. G. B. R., Junaedi, I. W. R., Putri, P. A. N., & Sumartana, I. M. (2022). Popularitas Empat Destinasi Wisata Pulau Terbaik Dunia Menggunakan Google Trends. Jurnal Bali Membangun Bali, 3(3), 167-180. https://doi.org/10.51172/jbmb.v3i3.229

References

  1. Al Mana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The impact of electronic word of mouth on consumers’ purchasing decisions. International Journal of Computer Applications, 82(9).
  2. Aprianingsih, A., Setiawan, M., Affandy, F. B., Immanuel, B. C., & Fachira, I. (2020). Factors Affecting Celebrity Endorsement on Purchase Intention Through Instagram Fashion Online Shop: An Indonesian Perspective. International Journal of Marketing, Communication and New Media, 8(15).
  3. Carneiro, H. A., & Mylonakis, E. (2009). Google trends: a web-based tool for real-time surveillance of disease outbreaks. Clinical Infectious Diseases, 49(10), 1557–1564.
  4. Fitriani, N. (2018). PENGEMBANGAN PANTAI MELASTI SEBAGAI SURGA TERSEMBUNYI DI BALI. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.
  5. Juniasih, I. A. K., Gumi, W. S., & Yanthi, N. M. D. (2020). Potensi Pengembangan Pantai Melasti Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Prosiding, 2, 204–217.
  6. Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143.
  7. Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2019). Pengaruh Online Reviews terhadap Online Hotel Booking Intentions, Study Kasus pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 194–207.
  8. Mavragani, A., Ochoa, G., & Tsagarakis, K. P. (2018). Assessing the methods, tools, and statistical approaches in Google Trends research: systematic review. Journal of Medical Internet Research, 20(11), e9366.
  9. Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430–436.
  10. Pemasaran. (2015). Positioning Eco-Tourism Objects for Improving Image of Bali Indonesia as An International Tourist Destination. Journal of Business on Hospitality and Tourism. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.17
  11. Putra, A. Y., & Suyuthie, H. (2022). Persepsi Pengunjung tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Pantai Sako di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
  12. Sulistyafani, A., & Sastrawan, I. G. A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 96–104.
  13. Trimurti, C. P., & Utama, I. G. B. R. (2020). The examination bali destination marketing chain model based on tourist motivation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
  14. Utama, I. G. B. R. (2016). Daya tarik wisata kota Denpasar Bali. Daya Tarik Wisata Kota Denpasar Bali, September 2015.
  15. Violinaa, S., & Suryawana, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata ISSN, 2338, 8811.
  16. Wedayani, N. M. (2018). Studi pengelolaan sampah plastik di pantai kuta sebagai bahan bakar minyak. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 15(2), 122–126.
  17. Zhao, F., Zhou, J., Nie, C., Huang, H., & Jin, H. (2015). SmartCrawler: a two-stage crawler for efficiently harvesting deep-web interfaces. IEEE Transactions on Services Computing, 9(4), 608–620.

Most read articles by the same author(s)